Tips Tidur Yang Baik Bagi Tubuh

Labels: ,

Bagi yang menderita insomia atau susah tidur, saya mempunyai sebuah saran. Yaitu
, berendamlah dengan air panas sebelum tidur (tidak terlalu panas sehingga dapat menyebabkan kulit terbakar). Hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti.

Sumber dari google (saya ambil gambar kartun supaya lebih pas :D)


Didalam penelitiannya ada 9 orang yang menderita insomia disuruh mandi dengan air panas selama 1,5 jam sebelum tidur selama 2 malam secara berturut-turut. Kelompok yang sama juga disuruh berendam air suam-suam kuku. Alhasil, bagi yang berendam dengan air hangat mendapati tidur lebih pulas dengan berendam air panas daripada berendam di suam-suam kuku.

"Air panas dapat menaikkan suhu inti tubuh," jelas Cynthia Dorsey, direktur Sleep Health Center di McLean Hospital.
Jadi, bagi para penderita insomia, cobalah berendam air panas sebelum tidur agar dapat membuat tubuh menjadi tenang dan dapat tidur dengan pulas.


Nah, setelah kita membahas masalah insomia, kita beralih untuk menjaga kesehatan tubuh disaat tidur. Bukannya tidur sudah dapat menyehatkan tubuh? Belum tentu, bahkan ada juga orang yang bangun dari tidurnya, masih merasa capek dan kepala pusing (biasanya). Disini saya akan menyebutkan beberapa tips agar dapat tidur dengan baik :

  • Tetapkan jadwal tidur yang teratur. Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, bahkan termasuk akhir pekan.
  • Jangan menggunakan tempat tidur untuk fungsi yang lain selain untuk berhubungan intim (khusus yang udah menikah :D) dan tidur.
  • Tutup kekurangan tidur secepat mungkin dengan berangkat tidur lebih awal.
  • Janganlah berusaha keras untuk cepat tertidur. Jika anda belum bisa tidur, bangun dan lakukan sesuatu sampai merasa lelah.
  • Lakukan olahraga secara teratur karena bisa membantu mengatur metabolisme tubuh dan menyiapkan tubuh untuk tidur (tapi jangan berolahraga sebelum tidur).
  • Jangan merokok atau minum minuman kafein atau minum alkohol dalam jumlah berlebihan dimalam hari (bagi orang yang melakukannya :D)
  • Jangan ikutin godaan untuk menunda jam tidur.
  • Jangan membayangkan anda dapat mengisi kekurangan tidur selama seminggu dengan tidur pada hari minggu.
Dari tips yang saya sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menyehatkan tubuh kalian (termasuk saya sendiri). Jadi, jagalah kesehatan anda.

Comment (1)

wah saya baru tau.. pantesan org jpang suka mandi air panas malam-malam..
Saya termasuk suka insomnia.. ==a
Banyak tips yang udah kelanggar nih..
sya suka tdur dan bangun tlat klo udah libur, suka pake tempat tdur buat baca,blajar,n makan(ampun deh), jarang olahraga banyak main game, kadang minum kopi sebeluh tdur, sering menunda tidur utk main game, sering banget membayar kurang tdur di hari minggu..
wah wah wah.. parahnya saya.. =="

Posting Komentar