Tips Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

Labels: ,

Pernahkah anda-anda sekalian berfikir, ingin bisa mengingat dengan jelas, ingin berfikir dengan jelas, dan lain sebagainya. Singkatnya, kita semua ingin dapat mempertahankan serta meningkatkan kemampuan otak. Menurut para ahli, otak kita bisa di tingkatkan lho daya mengingatnya. Kita bisa meningkatkan daya mental, meningkatkan daya konsentrasi, meningkatkan ingatan jangka pendek dengan zat gizi dan jamu.

Disini ada beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat otak :
 

SUPLEMEN
  • Antioksidan, seperti vitamin-E. Didalam penelitian, vitamin-E ini dapat menghancurkan radikal bebas dari sel-sel otak, dan membantu melindungi sel-sel otak dari stres, dan racun lingkungan.
  • Vitamin-vitamin B, terutama vitamin B1, B6, B12, dan folic acid. Vitamin-vitamin ini sangat penting untuk kesehatan saraf. Gejala-gejala yang berhubungan dengan penyakit jiwa lebih sering terjadi pada orang-orang yang kadar folic acid-nya rendah.
NUTRIEN OTAK

  • Phosphatidyl choline, suatu zat lemak protektif yang pekat yang terdapat didalam sel-sel membran otak. Phosphatidyl choline ini dapat membantu untuk orang-orang yang mempunyai masalah konsentrasi dari ringan sampai sedang berupa peningkatan dalam pengenalan nama dan wajah, meningkatkan konsentrasi belajar serta mengingat informasi. 
  • L-carnitine, suatu asam amino. Zat ini membantu membangkitkan energi mental. Zat ini di anjurkan untuk yang menderita penyakit Alzheimer. 
  • Coenzyme Q-10, nutrien yang seperti vitamin larut dalam lemak ini terkenal dengan khasiatnya sebagai antioksidan dan manfaatnya untuk cardiovascular - jantung dan urat-urat darah. Selain itu juga berkhasiat melindungi saraf.
MELATIH OTAK

Adalah salah satu faktor terpenting untuk menjaga agar otak tetap hidup adalah mengusahakannya setiap hari. Gunakan dia atau kehilangan dia, juga dapat diterapkan ditubuh kita. Seperti baca surat kabar, isi teka-teki silang, dan lain sebagainya. Anda harus menggunakannya sampai lebih dari 1 jam.
Kita juga harus memperhatikan apa yang kita pikirkan sebagian besar waktu kita. Dan apakah program 'self talk' kita menang atau kalah.

Yang dimaksud dengan program 'self talk' adalah obrolan berkesinambungan dalam pikiran kita dengan kecepatan 1.200 kata permenit. Obrolan dalam hati ini dapat mengirim pesan ke seluruh sel tubuh. Pesannya tergantung anda, apakah pesan yang menguatkan ataukah pesan yang melemahkan. Ada pepatah mengatakan, you are what you eat - anda adalah apa yang anda makan. Pepatah ini bisa diubah menjadi you are what you think - anda adalah apa yang anda pikir. Orang-orang mengetahui kekuatan pikiran, menggunakannya secara dasar untuk meningkatkan kesehatan. Juga untuk mempertahankan kebugaran.



MEDITASI DAN MANAJEMEN STRES

Stres, mungkin merupakan musuh terburuk otak kita. Stres menyebabkan dikeluarkannya cartisol, suatu hormon yang meracuni pusat ingatan otak. Dengan melakukan meditasi, dapat membantu mengurangi pelepasan cartisol dan melindungi fungsi pikiran. Beberapa manfaat penting dari meditasi :

  • Meningkatkan kecerdasan. Yaitu, merilekskan otak dan meningkatkan kemampuan mental. Dan juga meningkatkan kemampuan berfikirnya.
  • Nilai lebih tinggi di sekolah. Maksudnya, meditasi berhubungan dengan intelegensi yang lebih tinggi, lebih kreatif, dan kemampuan belajar yang baik.
  • Penurunan mental yang lebih lambat di usia tua. Maksudnya, meditasi dapat memperbaiki ingatan, lebih awas, dan kemampuan belajarnya lebih baik.

Nah, itu adalah beberapa tips yang saya berikan dalam "Meningkatkan Kemampuan Otak". Semoga bermanfaat.

Comments (2)

Wah.. yg Ayas suka kalo mampir di Blog Sobat ini, banyak Tips2 yg bermanfaat untuk pengembangan diri menjadi lebih baik.,,
Tips yg Jempolan Sobat...& Ayas sangat berterima Kasih utk itu!!!
SALAM SUKSES buat Sobat.

setuju dgn hal2 di atas, selain suplemen dan nutrisi otak juga harus diasah dan dilathi supaya ttp tajam dan bisa berfikir keras, hehehe
makasih infonya,
saya follow ^^

Posting Komentar