Bahaya Sirip Ikan Hiu Sampai Tidak Diperbolehan Untuk Dikonsumsi

Labels: ,

Diberbagai manca negara, sirip ikan hiu sudah termasuk salah satu makanan favorit. Dari teksturnya yang kenyal, berurat, dan berserabut itulah yang bikin sirip ikan hiu ini banyak sekali digemari. Menurut mitos dari China, sirip ikan hiu dipercaya mengandung banyak sekali zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Tetapi, hasil penelitian dari peneliti asal Food and Nutrition Information Center menjelaskan bahwa sirip ikan hiu tidak banyak mengandung nutrisi. Sirip hiu biasanya terdiri dari tulang rawan yang tidak mempunyai vitamin. Maka, sirip ikan hiu tidak terlalu bermanfaaat dan justru akan menambah kepunahannya populasi hiu.


Untuk mencegah kepunahannya hewan ini, pemerintah Amerika Serikat merencanakan untuk melakukan pemilihan suara untuk memperbolehkan atau melarang pedagangan sirip hiu tersebut. Di pihak lain, para pelaku pengobatan alternatif memprotes. Bahwa tulang rawan di sirip ikan hiu tersebut dapat memerangi kanker. Tetapi, menurut National Cancer Institute telah melakukan penelitian terhadap tulang rawan di sirip ikan hiu tersebut. Dan hal itu menunjukan bahwa tulang rawan disirip ikan hiu tersebut tidak mempan terhadap penyakit kanker.


“Kami mengujicoba secara farmasi apakah ekstrak dari tulang rawan hiu juga dapat meningkatkan tingkat keberhasilan pasien yang tengah berjuang melawan kanker paru-paru,” kata Charles Lu, onkolog dari M.D. Anderson Cancer Center, Houston, yang mengetuai penelitian itu di 2010 lalu.

Sirip ikan hiu, justru sangat tidak sehat untk dikonsumsi. Mereka berkemungkinan mempunyai merkuri dalam dosis yang tinggi dan cukup berbahaya bagi tubuh manusia. Tidak hanya sirip ikan hiu saja, produk-produk ikan lainnyapun juga demikian. Walaupun ikan hiu merupakan anggota rantai makanan yang tertinggi, hiu berpotensi memiliki dosis merkuri yang lebih banyak daripada ikan-ikan lainnya. Sebagai contoh pada tahun 2001 lalu :
Wild Aid, sebuah kelompok pengamat lingkungan pada laporannya mengungkapkan bahwa mereka menemukan merkuri dalam level yang sangat berbahaya pada sirip hiu yang ditemukan di Hong Kong. Angkanya 42 kali lebih tinggi dibanding batas aman bagi tubuh manusia. Padahal sirip hiu itu dipasarkan ke seluruh dunia. Artinya, dengan kata lain, sirip hiu justru berbahaya bagi kesehatan, bukannya membawa manfaat. Dan kemungkinan, dalam waktu dekat ia akan dilarang untuk dikonsumsi di California, Amerika Serikat.

Comments (8)

Tapi sirip ikan hiu banyak yang menggemari kok.
katanya sih enak,
katanya,,

Wah, klo udah mengandung merkuri memang berbahaya. Kyanya Jepang yang banyak mengambil pelajaran akibat konsumsi ikan yang mengandung merkuri

Tapi kebanyakan mereka kog menyajikan yang namanya " Sup Sirip Ikan Hiu " biasanya kaum tionghoa suka mengkonsumsi makan tersebut, katanya bagus utk kesehatan lho.. kalo habis melahirkan, biasanya di sajikan sup sirip Ikan hiu... Tapi ini hanya sekadar yang saya lihat di telivisi seh...

Saya sendiri yang memberi informasi saja, lum pernah nyoba'in... :D

info mantap...., :)

Untung saya blum pernah makan sirip hiu.

aq belum pernah coba..
enak gak ya?

follower #42
folback ya...

Apakah ada hasil riset nya yg mengatakan mercuri nya banyak?

Posting Komentar