Yang dimaksud "Sukses" itu....

Labels: ,

Sukses?? Wah, apa sih yang dimaksud dengan sukses?? Pasti banyak sekali pendapat-pendapat tentang definisi sukses. Nah, saya sekarang akan membahas sedikit tentang "Sukses".


Sukses, mengapa seluruh hidup harus didedikasikan untuk meraihnya? Apakah semacam kesepakatan universal, tentang sukses? Ataukah sukses hanya semata-mata adalah presepsi individu yang berbeda satu sama lain? 

Nah, sebelum menjawab hal itu, Mari kita telusuri dahulu makna leksikal dan semantik "Sukses".


  • Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses ialah berhasil, atau beruntung.
  • Dictionary of American English (Kamus inggris Amerika) mencatat tiga macam sukses, yakni (1) accomplishment of a task, the reaching of a goal, (2) a good event, an achievment, (3) wealth, good luck in life.
  • Menurut Alex Bone menyebutkan bahwa sukses adalah sebuah proses, suatu kualitas pikiran dan cara kita berada, pengukuran kehidupan yang terbuka.
  • Kevan H. Namazi, gerontologist, Univ. Texas's Southwestern Medical Center, Dallas mengatakan bahwa sukses yang dicapai "The most successful old-old people are those who have important connection, a hobby, or something that gives them a rest of live."
  • Paul Stolz mencatat bahwa sukses merupakan ganjaran atau reward dari sebuah proses pendakian atau usaha. "I use the term Ascend in the broadest sense-moving your purpose in your life foward no matter what your goals. Whether your Ascent is about gaining market share. getting better grades, improving your relationship, becoming better at what you do, completing an education, raising stellar children, growing closer to God, or making a meaningful contribution during your brief stint on the planet, the drive is imperative. Successful people share the profound urge to strive, to make progress, to achieve their goals and fulfill their dreams"
Dari serangkaian definisi sukses, Semua berkata kunci suatu capaian tertentu. Namun, yang cukup lengkap agaknya definisi sukses dari Dictionary of American English yang menyebutkan ada tiga macam sukses.

  • Pertama, seseorang dikatakan sukses jika yang bersangkutan berhasil menunaikan tugas yang harus dikerjakan dan dipercayaan kepadanya dan berhasil mencapai tujuan tertentu.
  • Kedua, sukses adalah suatu pencapaian tertentu atau sebuah peristiwa/kejadian yang baik.
  • Ketiga, sukses adalah kesehatan yang prima dan nasib baik atau peruntungan yang didapatkan dalam hidup.
Meskipun setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda tentang apa itu "Sukses", ada semacam kesepakatan umum seperti dicatat dalam Dictionary of American English. Sukses dipersepsikan sebagai tujuan (goal) dalam hidup. Sebuah puncak gunung kehidupan yang harus didaki untuk kemudian diraih. Bila belum atau tidak bisa meraih puncak kehidupan yang ditentukan dan diinginkannya, seseorang akan merasa gagal.


Sumber : Buku "60 Management Gems"

Comments (6)

SUKSES itu merupakan impian setiap Orang yang masih ada harapan meraih kehidupan yg lebih baik...
Butuh pengorbanan & kerja keras untuk mencapainya, sebuah proses yg panjang & bukan merupakan sekedar membalikkan telapak tangan...Hwehehee
SALAM KENAL SATU JIWA BOSS!!!

Semoga kita termasuk kesemua apa yang tertulis di artikel ini yaitu intinya sukses, oh iya Ahong widget follow blog ini kemana???,jadi bingung mau ikut blog ini,,ditunggu ya widget follownya salam New BerryMor dan salam mempererat persahabatan meski lewat dunia maya ;)

@New Berry : Nanti saya pasang... :D

apapun definisinya, sukses itu relatif bagi orang satu dengan orang lain. standarnya beda-beda. bisa jadi satu orang bilang orang itu sukses, tapi orang bersangkutan belum merasa sukses.

@Bagibagio : Berarti harus berusaha dengan giat
@Gaphe : Berbeda" definisi intinya sama.

Dan menurut saya sukses itu, dimana kamu bisa menemukan kebahagian dunia dan akhirat, menemukan ketentraman hati, tanpa berbuat merugikan orang lain, itulah pendapat sederhanaku.

Posting Komentar