Turunnya 101 Tim dalam Kontes Robot Nasional 2011

Labels: , ,

 Di Yogyakarta, Terdapat 101 tim dari 51 perguruan di Indonesia yang akan mengikuti Kontes Robot Nasional di Grha Sbha Pramana Universitas Gajah Mada (GSP UGM) pada tanggal 11-12 Juni 2011 ini.
Ilustrasi

Dr Eng M Arif Wibisono ST MT, ketua panitia mengatakan, bahwa 101 tim tersebut di ambil dari para juara Kontes Robot Tingkat Regional yang diselenggarakan di masing-masing regionalnya sendiri.
"Mereka adalah para juara, baik juara I, II maupun III dalam kontes robot tingkat regional. Ada lima regional yaitu regional I yang diselenggarakan di Poltek Negeri Batam, Regional II di ITB Bandung, Regional III di UNY, Regional IV di PENS Surabaya, dan Regional V di Untad Palu," kata Wibisono, Jumat (10/6/2011) di Kampus UGM.
 Kontes Robot Nasional 2011 ini mempunyai tiga kategori yang akan di uji. Pertama, yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI), kedua, Kontes Robot Cerdas Indonesia (KCRI), dan yang terakhir adalah Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Tema yang di ambil di KRI 2011 adalah Larungan. Mengadaptasi dari sebuah tema Asia-Pasific Broadcasting Union Robocon 2011 yaitu Loy Krathong atau melarung bunga teratai untuk dewi sungai. Hal itu biasa di adakan di Thailand setiap bulan November.
"Tema itu kami adopsi, karena pemenang KRI 2011 ini akan kami kirim ke Thailand untuk mengikuti kontes tingkat internasional yang akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand, 9 September mendatang," ucap Wibisono.
Sementara itu, kategori untuk Kontes Robot Cerdas Indonesia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu KRCI beroda atau berkaki bertema Robot Cerdas Pemadam API, dan juga divisi KRCI dengan tema Robot cerdas Pemain Bola.

Ilustrasi
Adapula untuk divisi KRCI 2011 ini mempertandingkan dua buah robot dalam uji dalam menendang bola ke arah gawang lawan. Semakin banyak bola yang masuk ke gawang lawan, maka dialah yang menang. (Kan seperti sepak bola).

Juara pertama lomba kontes robot ini akan mewakili Indonesia dalam ajang RoboCup 2012 yang akan diselenggarakan di Mexico.

Dan kategori terakhir adalah kategori khas Indonesia, dimana para robot harus dapat menari, dan mengikuti irama. Kemampuan sinkronisasi gerakan robot dengan alunan musik, serta variasi gerak tarian robot.


Jadi, mari kita dukung karya-karya dari Indonesia. Pakai hasil produksi dalam negri, dan jangan kalah kualitas dengan produksi luar negri. ^^

Comments (0)

Posting Komentar