Benalu Juga Termasuk Tanaman Obat Lho...

Labels: , ,

Semua pasti tahu kan? Kalau Benalu adalah tumbuhan parasit yang hidupnya menempel pada dahan atau tanaman pohon kayu yang lain. Di tempat yang ditumpanginya, tentu saja bisa mengakibatkan pohon yang ditumpanginya mati. Ada bermacam-macam benalu, ada yang tinggal pada pohon teh, pohon jeruk nipis, mangga, dan lain sebagainya.
Benalu Teh

Menurut pengalaman, khasiat benalu itu berbeda-beda, sesuai dimana tempat tumbuhan itu menempel. Nah, disini saya akan menjelaskan bahwa Benalu juga adalah obat yang sangat berguna bagi kita, diantaranya :

Kandungan & Manfaat :
  1. Benalu berkhasiat membunuh cacing 
  2. Dapat menurunkan Panas dan,
  3. Dapat engecilkan pori-pori

Kegunaan :
  1. Tumor dan Kanker : 1 - 2 batang benalu pohon teh, 1 batang alang-alang, adas pulasari secukupnya. Direbus dengan 1,5 liter air. Saring. Minum 1x sehari 1/2 gelas.
  2. Cacingan : Segenggam tumbuhan benalu, 1 jari rimpang temu giring, ditumbuk halus, beri air matang secukupnya. Minum 1x sehari 1/4 cangkir selama 4 hari setiap pagi.
  3. Amandel : 1 batang benalu dari pohon jeruk nipis, adas pulasari secukupnya, direbus dengan 3 gelas air. Saring. Minum 2x sehari 1/2 gelas.
  4. Campak : 1 batang benalu biasa, adas pulasari secukupnya, ditumbuk sampai halus, sambil diberi air secukupnya. Peras, saring. Minum airnya 2x sehari, sedangkan ampasnya borehkan pada tubuh penderita. Lakukan ini selama 2 hari berturut-turut
  5. Gondok : 10 helai daun benalu teh cuci bersih, rebus dengan 1 liter air, sampai airnya tinggal 2 gelas. Setelah dingin, minum 2x sehari, masing-masing 1 gelas. Lakukan rutin tiap 2 hari sekali.
Nah, bagaimana? Benalu juga berguna untuk kesehatan kan? Jadi, tumbuhan yang parasit tidak ada kegunaannya, justru sangat berkhasiat pada penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan oleh benalu pada umumnya. Tetapi, banyak jenis-jenis benalu lain dengan khasiatnya yang berbeda-beda.

Sumber : Tanaman Obat Keluarga 

Comments (7)

Benalu...meski sejenis tumbuhan yang merugikan bagi tanaman yg ditumbuhinya, namun sebenarnya banyak khasiat yg terkandung didalamnya!!!
Ayas cuma tew Benalu Teh aja neh,,,kalo yg lain belum tew siy
Hwehehee...
Info yg Ciamik Boss!!!

wah kalau bisa mengecilkan pori2 jadi tertarik sama benalu tapi gmana cara ppemakaianya ya...

info yang bagus...

Wah ternyata memang banyak manfaatnya ya, memang Sang Maha Kaya menciptakan sesuatu pasti berguna

hehe,,tumbuhan parasit tapi banyak manfaatnya,!ga berteman baek ama tumbuhan tapi sahabat manusia!hehe,nice post

semua hal tercipta pasti karena punya tujuan. :)

wah saya baru tau.. :O

@Bagi Bagio : Iya, walaupun sangat merugikan tumbuhan lain, tapi khasiatnya bagus buat kita.
@anisayu : Wah, mungkin pas sakit kita minum benalu itu mungkin :D
@Arief Bayoe Sapoetra : Setiap kehidupan pastinya tida diciptakan cuma-cuma :D
@arev tyan : untuk tumbuhan lain rugi, untuk kita untung :D
@TUKANG CoLoNG : Betul sekali
@Hamadzi : Saya juga, pas saya tau, saya posting :D

Posting Komentar