Info : Kabar Gembira untuk Penyakit Stroke

Labels: , ,

Kabar gembira untuk penyakit stroke? Kira-kira apa ya? Yap, pembantu tubuh berbentuk sistem kerja robot yang dinamakan Lopes (Lowwer-extremity Powered ExoSkeleton). Apakah itu? mari kita simak informasi yang saya dapatkan ini.

Beberapa waktu lalu, tim ilmuan Belanda, sukses menciptakan Lopes. Piranti robot tersebut berfungsi melatih gerak pasien stroke yang mengalami keterbatasan. Bukan hanya memulihkan fungsi otot, Lopes juga mampu memperbaiki kinerja otak.


Kemarin pada tanggal 26 September 2011, BBC melaporkan. Alat berbentuk kaki robot itu telah melewati serangkaian uji coba. Bahkan, Lopes tak hanya di uji cobakan kepasien stroke. Dalam risetnya beberapa waktu lalu, para pakar dari University of Twente itu juga mengujicobakan pada pasien yang mengalami cedera luka belakang. Seperti halnya pasien stroke, mereka mengalami keterbatasan dalam bergerak.

Edwin van Asseldonk, ketua riset, mengatakan bahwa Lopes tak hanya melatih gerak otot. Tetapi, juga bisa mendeteksi kelemahan pasien.

From Google
Salah satunya Petra Hes, perempuan yang terkena stroke saat berusia 17 tahun itu, tak mampu mengangkat otot-otot kaki kiri.
"Setelah mencoba Lopes, alat ini membantu saya mengingat cara mengangkat kaki dan berjalan" Ujarnya.
 Jadi, sekarang para pasien stroke sudah ada alt terapinya. Kemajuan ilmu tehnologi semakin maju tanpa batas. Semoga kita juga bisa. :D

Sumber : Jaringan Kesehatan

Comments (7)

smoga sj tdk lama lg alat terapi ini juga nyampe ke indonesia,,

terapi buat penyakit AIDS ada gakk..
:D:D

pasti mahal

wah tambah canggih ae...:)

semoga saja ya..

ilmu pengetahuan memang selalu berkembang dengan cepat...

kapan INDONESIA bs bikin sendiri????

Posting Komentar