Pusat Informasi Penyakit Infeksi

Labels:

Situs ini adalah situs resmi Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso Jakarta.Mohon meluangkan waktu mengutarakan pendapat anda tentang situs ini dengan mengisi buku tamu atau ikut berdiskusi didalam forum diskusi kami.

Penderita TB di Indonesia Peringkat Ketiga Dunia

oleh Redaksi 19/10/2009 @ 00:52
Makassar - Jumlah penderita Tuberculosis (TB) di Indonesia masih berada pada urutan tertinggi ketiga di dunia, yang pada umumnya disebabkan kurang diperhatikannya faktor kebersihan.

"Indonesia urutan ketiga setelah India dan China yang terbanyak angka penderita TB-nya. Penyebab utama tingginya penderita TB di Indonesia karena kebersihan kurang terjaga," kata Head of Corporate Research Novartis, Paul Herrling di Makassar, Minggu.

Menurut dia, dari hasil penelitian yang dilakukan mitra kerja Novartis di Indonesia diketahui, faktor kebersihan menjadi penyebab utama seseorang terjangkit bakteri penyebab TB.

"Rumah yang tidak memenuhi syarat kesehatan, sempit, jorok dan kurang pencahayaan akan menjadi pemicu bakteri TB berkembang dan menjangkiti orang yang lemah kekebalan tubuhnya," katanya.

Selain faktor kebersihan yang dapat menyebabkan seseorang menderita TB, lanjutnya, gaya hidup juga dapat menjadi pemicu penyakit menular ini.

Sebagai gambaran, penderita TB juga banyak di Rusia, karena mayoritas penduduknya gemar meminum vodka, sehingga mempengaruhi berat badan dan pada akhirnya menjadi pemicu orang menderita TB.

Selengkapnya...

Sumber : http://www.infeksi.com/

Comments (0)

Posting Komentar