Tips : Cara tepat memilih buah DURIAN!!

Labels: ,

Wah, saya sudah lama banget nih tidak update. Ternyata kendala UTS! Maklum, saya kan masih pelajar SMA. Tepatnya SMAN 11 Surabaya. Nah, sekarang saya akan memberikan tips. Justru, tips ini banyak disukai orang yang pecinta makan buah durian lho. Mari kita simak tips-tips yang saya dapatkan ini. :D

Di dalam memilih durian yang baik dan enak, memang gampang-gampang susah. Biasanya kita kalau membeli buah durian di pasar, pasti orang yang menjual yang memilih buah durian.
Yang mana yang manis pasti dibuktikan sama penjualnya. Kalau di supermarket, mini market, dan sebagainya? Pasti kita sendiri yang harus memilihnya kan? Belum tentu yang kita pilih itu manis rasanya. Nah, mari kita simak tips-tips yang saya kumpulkan ini :

From : Google
  • Pilih durian yang kelima juringnya terisi sempurna. Kalau ada juring yang kosong, biasanya bentuk durian tidak simetris. Pada bagian yang kosong itu pun, duri-durinya lebih kecil dan biasanya terletak berdekatan (bergerombol)
  • Periksa seluruh permukaan kulit durian. Kalau anda menemukan lubang sebesar kepala jarum pentul, yang disekitarnya terlihat noda kecoklatan, lupakan saja durian itu. Sebab itu menandakan ulat telah merasukinya.
  • Pilihlah durian yang berbentuk bulat seperti bola. Bagian yang seperti ini biasanya berisi buah lebih tebal daripada yang lonjong.
  • Janganlah membeli durian yang dibungkus dengan daun aren. Bisa jadi, penjual itu berniat menutupi bagian-bagian yang cacad. Ataupun ujung kulit buahnya sudah terkelupas sehingga durian itu "masuk angin".
  • Durian yang sudah masak biasanya beraroma tajam. Aroma itu akan tercium, terutama di bagian ujungnya. (meski kulitnya tidak terbuka)
  • Cara lain mendeteksi kematangan durian adalah memukul kulitnya dengan tangkai pisau. Kalau bunyinya rendah dan berat, seperti bantal besar yang dipukul, berarti durian itu matang. Jika sebaliknya, maka durian itu masih mentah.Hati-hati dalam menerapkannya.
  • Jangan lupa memperhatikan bentuk irisan pada tangkai ujung durian. Kalau rapi, berarti buah tersebut di ambil sebelum masak. Saat anda membelinya, anda harus memperam buah tersebut selama 2-3 hari (sampe matang). Tapi, jika durian itu matang di pohon, ujung irisan tangkainya tidak rata.
Bagaimana? Itu cocok untuk yang sering belanja di supermarket, mini market, dan sebagainya. Soalnya durian itu hanya dipajang, dan kita harus memilihnya sendiri. Ataupun untuk waspada pada saat membelinya di pasar. Semoga bermanfaat. :D

Sumber : Pengalaman

Comments (10)

wahh mantab duriannya ...
coba posting sambil nawani yang baca pasti tambah mantab ...
kalo boleh juga di belikan gpp ... hehe

wah makasih atas tippsnya,biasanya kalau beli durian suka salah pilih hehe,love,peace and gaul.

tips yang sangat menarik :)..

wah, sekarang jarang ada durian di daerahku sob.

duriannya sudah gak musim mas..

oke.. oke sob, aku coba tips ini, tapi nek aku milihnya berjam-jam pilih durian yang bagus banget nnti aku di marahi sm yang jual.. :D

saiki wes musim durian tha hong????
saiki g musim pelem a?????

hehehe


nb:
komment balik

lha? trus yang gak suka duren gmna hong?hehe
hadu hadu, awas Salah pilih aj tuh buat yang penikmat duren

tips yang bagus.
tapi aku ndak seberapa tertarik sama yang namanya durian.
tapi, makasi infonya :)

apalagi yang paling mantap, dibelikan duriannya... tambah dobel mantapnya

sukses follow ke 48

Posting Komentar