Tips : Cara Mengatur Bau Badan dan Bagian - bagian yang menyengat

Labels: ,

Bau Badan atau biasa disebut dengan BB ini merupakan salah satu bau yang tidak disukai orang. Dikarenakan baunya yang tak sedap itu, mengakibatkan masalah dalam sehari-hari. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh ResponDet (Deteksi), 61,9% mengaku mendapat masalah dengan bau badan mereka.



Apalagi kita-kita yang sedang puber. Menurut penelitian, remaja wajar dan rentan mengalami bau badan. Soalnya, kelenjar keringat mulai aktif, sehingga produksi keringat pun meningkat. Biasanya para remaja mengatasinya dengan Deodoran. Yup, benda mungil untuk mencegah bau badan di ketiak. Buat para remaja seperti kita, tidak heran kalau itu menjadi suatu hal yang wajib.

Bau di ketiak (From : Google)

Nah, bau badan juga bisa disebabkan oleh ras loh. Orang yang memiliki bulu rambut yang lebat, justru memiliki potensi bau badan yang menyengat. Disebabkan karena mereka yang mempunyai pori-pori kulit yang labih banyak. 

Berikut adalah faktor makanan, bau badan juga bisa diatur dengan makanan. Ada beberapa makanan yang menimbulkan bau badan. Diantaranya :

1. DAGING MERAH

Jika mengkonsumsinya berlebihan, daging merah bisa menimbulkan diabsorbsi pada tubuh. Beberapa zat yang tak tercerna dengan baik akan menjadi racun atau gas berbau busuk yang dilepaskan menjadi keringat. Zat tersebut masuk melalu pembuluh darah dan keluar dalam bentuk keringat.

2. KOPI DAN ALKOHOL

Kopi dan alkohol mengandung banyak kafein. Menurut sebuah penelitian, kafein dipercaya bisa memudahkan perkembangan bakteri penyebab bau badan.

Nah, itu beberapa penyebab bau badan dari makanan. Apakah tidak ada yang dapat mengurangi bau badan? Tentu saja ada. Yaitu :

1. SEA FOOD

Makanan laut seperti ikan dan tiram tidak hanya memiliki kandungan protein yang besar. Tetapi, juga punya kandungan zink yang melimpah. Makanan itu bisa menyuplai kebutuhan zink didalam tubuh untuk netralisasi zat beracun yang bisa menimbulkan keringat.

2. SAYUR-MAYUR

Sayur-sayuran juga mengandung zink yang besar. Mengkonsumsi sayur-mayur, serti kemangi, dipercaya mampu mengurangi bau badan. Sebab, makanan tersebut juga memiliki kandungan serat yang besar. Serat bisa menghambat bau badan didalam tubuh.


From : Google


Itulah beberapa makanan yang dapat mengurangi bau badan. Tetapi, ada juga pemicu bau badan, misalnya hormon androgen pada laki-laki. bakteri berlebihan dikulit, bahkan stres. Menurut Dr.Mehmet Cengiz Oz, didalam acara The Oprah Winlef Show, ada beberapa daerah bau badan yang menyengat. Mari kita selidiki :


Kulit Kepala

Produksi sebum minyak dari kelenjar sebasea dan folikel rambut yang menumpuk bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri. Keramas bisa membersihkan minyak dan juga membunuh bakteri-bakteri penyebab bau.

Telinga

Dalam keadaan normal, telinga nggak bau. Tetapi, ada seseorang yang menderita otitis media akut atau biasa disebut dengan congek. Nah cairan yang kelaur pada penyakit inilah yang menimbulkan bau tak sedap.

Mulut 


Ada orang yang memang bermasalah dengan bau mulut meski lagi nggak puasa. Penyebabnya, kombinasi antara gigi yang tidak digosok dan bakteri di gusi juga sisa makanan serta enzim dalam air liur.

Ketiak

Bagian tubuh ini mempunyai rambut dan kelenjar keringat yang banyak dibawah jaringan kulit. Sebenarnya, bukan keringat yang menyebabkan bau, tapi bakteri yang menumpuk dan bercampur dengan keringat itu.


Pangkal Paha (Kemaluan)


Daerah ini lembab, gelap, dan hangat. Selain sering berkeringat juga mempunyai jumlah kelenjar dan folikel yang memicu tumbuhnya bakteri. Nggak heran kalau pangkal paha jadi tempat yang paling bau.


Kaki

Terlalu lama mengenakan alas kaki dapat menyebabkan bau tak sedap. Alas kaki yang tertutup mencegah penguapan keringat di kaki. Setiap hari kelenjar keringat di kaki selalu mengeluarkan keringat. Bakteri suka berkembang biak di situ.

Dari beberapa bagian tubuh paling menyengat di atas. Kita bisa lebih berhati-hati dalam bergaul (Bau badan juga mempengaruhi ke teman-teman anda). Apalagi bila anda bersama lawan jenis. Hmm, kalau mempunyai bau badan yang menyengat, apakah anda tidak malu? Silahkan mencoba!! *^^*


Sumber : Pengalaman

Comments (8)

Makanan yang mencegah bau badan pas banget!favorit ane,,
Ikan laut bakar+lalap kemangi+sambel hot!mantap..n pas banget!favorit ane,,
Ikan laut bakar+lalap kemangi+sambel hot!mantap..

thanks infonya..
:)

info yang bagus..

hehehehe wah jadi tau aq kalo da makanan* yg mempengaruhi BB :)
Thanx infonya

Sip.. Sip.. aQ jd tau cra mengurangi BB. Tp, npa yg mengurangi BB yg pertama tuu tentang "Sea Food". Pdhl aQ agag alergi. Tp, untungnya ad "sayur mayur". hho..ho..

nice info ..
soalnya aku selama ini sih cuma pinter ngilangin BB (BlackBerry)
#padahal gak punya

kalo ngilangin BB yang Bau Badan mesih belum tau ..

thanks infonya
untung aku suka sayuran. suka seafood juga.. :D

Wah boleh juga nih tipsnya hehe

makasih infox.... :D

Posting Komentar